Thursday, September 4, 2014

Catatan Kuliah Pertama


 Mardiyah Kartini Siswati mahasiswi
Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen,
 Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Kuliah Perilaku Konsumen IKK 233 September 2014-Januari 2015
Department of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB.

Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS

Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1.Jakarta: PT Ghalia Indonesia

                                                         www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

Catatan Kuliah Pertama

 
Salam Koncer (Konsumen Cerdas) Indonesia !

Perkenalkan, saya Mardiyah Kartini Siswati, mahasiswi departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor.

Pada hari Rabu, 3 September 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen untuk yang pertama kalinya sebagai mayor. Kuliah ini disampaikan oleh dosen IKK yang sangat ahli dibidangnya, yaitu ibu Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, M. F. S. A. Buku panduan yang direkomendasikan adalah buku dengan judul Perilaku Konsumen yang ditulis oleh Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc. Beliau adalah kepala departemen IKK saat ini.

Kalian tahu tidak, apa yang disebut dengan konsumen? Konsumen adalah hal yang berkaitan dengan pembeli, pengguna, pengambil keputusan, pelanggan, barang dan jasa, merek, harga, kualitas, menawar, mencari informasi, membandingkan merek, persepsi, sikap, gaya hidup, dan motivasi. Selain itu, ada istilah perilaku konsumen. Definisi perilaku konsumen menurut Schiftman dan Kanuk (2010) adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk barang dan jasa yang diharapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Sedangkan menurut Engel, Blackwell, dan Miniard (1995)adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan barang dan jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.

Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Rela antri demi mendapat barang yang diinginkan. Senang membeli dan memilih barang karena ikut-ikutan tren. Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan atau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar Internasional sangat potensional karena adanya kesamaan perilaku dan selera.

Manfaat yang dapat diambil bila kita mempelajari perilaku konsumen ini adalah kita dapat membantu pemimpin usaha, memberi pengetahuan dan teori konsumen, membantu anggota DPR di pusat/daerah agar dapat merancang hukum, dan membantu konsumen dalam mengambil keputusan yang bijak.

So, let’s to be clever consumer :):):)

No comments:

Post a Comment