Mardiyah Kartini Siswati mahasiswi
Departemen
Ilmu Keluarga dan Konsumen,
Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.
Kuliah Perilaku Konsumen IKK 233 September 2014-Januari 2015
Department
of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology
Bogor Agricultural University
IPB.
Dosen:
Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, MSc
Dr Ir
Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr.
Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD
Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book:
Ujang
Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya
dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan
1.Jakarta: PT Ghalia
Indonesia
Catatan
Kuliah Pertama
Perkenalkan, saya Mardiyah Kartini Siswati, mahasiswi departemen
Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian
Bogor.
Kalian tahu tidak, apa yang disebut dengan konsumen? Konsumen
adalah hal yang berkaitan dengan pembeli, pengguna, pengambil keputusan,
pelanggan, barang dan jasa, merek, harga, kualitas, menawar, mencari informasi,
membandingkan merek, persepsi, sikap, gaya hidup, dan motivasi. Selain itu, ada
istilah perilaku konsumen. Definisi perilaku konsumen menurut Schiftman dan Kanuk (2010) adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam
mencari, menggunakan, mengevaluasi dan menghabiskan produk barang dan jasa yang
diharapkan akan memuaskan kebutuhan mereka. Sedangkan menurut Engel, Blackwell, dan Miniard (1995)adalah tindakan yang langsung terlibat dalam
mendapatkan, mengkonsumsi, dan menghabiskan barang dan jasa termasuk proses
keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
Hal yang menarik dari kuliah ini adalah bahwa konsumen senang
mencari harga yang terbaik meskipun untuk mendapatkannya dibutuhkan biaya yang
lebih besar dari selisih harga yang seharusnya. Rela antri demi mendapat barang
yang diinginkan. Senang membeli dan memilih barang karena ikut-ikutan tren.
Kita sebagai konsumen sering kurang memperhatikan sisa konsumsi seperti hanya disimpan
atau bahkan dibuang. Untuk saat ini pasar Internasional sangat potensional
karena adanya kesamaan perilaku dan selera.
Manfaat yang dapat diambil bila kita mempelajari perilaku
konsumen ini adalah kita dapat membantu pemimpin usaha, memberi pengetahuan dan
teori konsumen, membantu anggota DPR di pusat/daerah agar dapat merancang
hukum, dan membantu konsumen dalam mengambil keputusan yang bijak.
So, let’s to be clever consumer :):):)
No comments:
Post a Comment